LP3M Unbrah Perkuat Kapasitas Auditor Internal Lewat Bimtek Daring

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah memperkuat kapasitas auditor SPMI lewat kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan secara daring Rabu 30 Maret 2022.

Kegiatan bimbingan teknis ini dipimpin oleh Rektor Universitas Kwik Kian Gie Jakarta Dr. Ir. Hisar Sirait, MA sekaligus salah satu fasilitator SPMI andal nasional.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang menyampaikan bimtek ini penting bagi untuk auditor dalam meningkatkan kemampuan dan pemahamannya terhadap SPMI.

Tentunya kata Rektor, bukan untuk auditor saja lebih lanjut meningkatnya kapasitas auditor dapat dibarengi peningkatan pemahaman auditi atau yang diaudit.

Khususnya dalam pemahaman SPMI terkait masukan dan saran dari auditor terkait kinerja dan segala aspek saat diaudit.

Menurut Rektor Auditor yang andal tentu akan lebih jeli dalam melihat setiap kekurangan saat mengaudit. Bukan hanya itu auditor juga andal dalam memberikan masukan pada setiap kekurangan.

Senada itu Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc menilai masukan dari Dr. Hisar akan membantu auditor di Unbrah dalam mengaudit SPMI khususnya pada standar yang berbasis risiko serta pengembangan e-SPMI.

Sementara itu dalam pemaparannya Dr. Hisar Sirait memaparkan tentang prinsip, sikap, dan tindakan yang perlu dijaga oleh seorang auditor salah satunya dalam hal berpikir.

Menurutnya Auditor harus berpola pikir, sikap, tindakan sebagai seorang konselor, fasilitator, motivator dan inspirator. Sebaliknya tidak boleh bersikap, berpikir dan bertindak sebagai interogator, investigator, provokator, instruktor, dan kolaborator.

Disamping itu secara rinci Dr. Hisar juga menyampaikan terkait siklus AMI yang perlu dipahami oleh auditor dan auditi , mulai dari menetapkan kebijakan dan pedoman AMI hingga melakukan kaji ulang atau RTM.

Kegiatan yang dimoderatori Sekretaris LP3M Ira Suryanis, S.ST, M.Keb diakhiri dengan penyerahan secara simbolis sertifikat penghargaan kepada Dr.Hisar Sirait oleh Kepala LP3M Unbrah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *